Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Waktu Yang Tepat Untuk Mengawinkan Anjing

                            

Perkawinan anjing dapat dilakukan saat anjing mencapai kematangan secara seksual. 
Hal ini biasanya terjadi sekitar 6-7 bulan. 
Namun dalam beberapa kasus bisa terjadi pada saat usia 4 bulan atau setelah usia 2 tahun. 

Anjing Jantan

Anjing jantan selalu siap untuk dikawinkan kapanpun, tetapi ketika pejantan sudah mencapai masa suburnya. Anjing jantan dapat mencium hormone pheromones yang dihasilkan dari tubuh betina pada musim kawin sejauh 5 km, jadi tidak mengherankan seekor betina dapat menarik sejumlah pejantan pada waktu masa suburnya. Biasanya ditandai dengan datangnya para pejantan di sekitar wilayah si betina. 
Ada kemungkinan terjadi perkelahian antara sesama pejantan, juga dengan adanya gonggongan dan lolongan sepanjang harinya.

Anjing Betina

Betina hanya dapat dikawinkan pada saat musim kawin. 
Sebaiknya  jangan mengawinkan anjing betina sebelum usia setahun, jika memungkinkan tunggu hingga usia si betina 18 bulan untuk kawin yang pertama kalinya. 
Jika betina tidak mencapai kematangan seksual setelah 2 tahun, konsultasikan ke dokter hewan terdekat. 
Tanda-tanda betina siap kawin adalah mulai mengeluarkan leleran dari vaginanya, walaupun pada beberapa kasus bisa terdapat loops kering, dimana tidak mengeluarkan darah sama sekali. 
Setelah masuk dalam masa subur, si betina akan segera menarik perhatian pejantan. 
Biasanya masa subur pada anjing betina terjadi 2 kali dalam setahun dan hanya terjadi sekitar 21 hari. 
Waktu yang tepat dan subur rata-rata pada hari ke-9 hingga hari ke-14, ini berarti hanya beberapa hari dalam setiap musimnya, biasanya biasanya ditandai leleran vagina bewarna kebeningan. 
Betina terakhir dikawinkan hingga usia 8 tahun, jika tetap ingin dilanjutkan konsultasikan terlebih dahulu, walau pada beberapa kasus tertentu ada betina dapat melahirkan dengan baik pada usia 10 tahun, dan tentu saja harus dalam kondisi yang sangat prima. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar